VARIABEL
Variabel adalah suatu wadah yang digunakan untuk menampung nilai atau informasi. Nilai variabel dapat berubah-ubah ketika program dijalankan.
Variabel adalah suatu wadah yang digunakan untuk menampung nilai atau informasi. Nilai variabel dapat berubah-ubah ketika program dijalankan.
dengan kata lain variabel adalah suatu memori dengan
identitas tertentu untuk menampung nilai atau informasi baik yang tetap maupun
yang berubah – ubah.
Mendeklarasikan Variabel
Prosedur penerapan variabel dalam program utama haruslah dideklarasikan terlebih dahulu, pengertian deklarasi dalam pemrograman c++ adalah melakukan inisialisasi variabel dengan nama dan tipe data yang digunakan, sehingga nantinya dapat dikenali oleh program. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
Namun adakalanya dalam mendeklarasikan sebuah variabel langsung disertai dengan nilainya dan adakalanya yang tidak, sebagai contoh :
int jumlah;
jumlah = 10;
Dua pernyataan seperti diatas sebenarnya dapat disingkat
melalui pendefinisian yang disertai penugasan nilai, sebagi berikut :
int jumlah = 10;
Contoh :
Void main(){
Int a=2;
cout << “a= “< getch(); } |
Dalam program demo dibawah ini akan memberikan tambahan penjelasan tentang implementasi tipe data, variabel dan konstanta.
/**-----------------------------------------------------------
|
|
Program.cpp : inisialisasi
variabel dengan nilai ditentukan
|
|
----------------------------------------------------------**/
|
|
#include <iostream.h>
|
|
#include <conio.h>
|
|
void main(){
|
|
int a = 100;
|
|
int b = 200;
|
|
cout<< "A + B = "
<<a+b;
|
|
getch();
|
|
Tipe
– Tipe Data dan Operasinya
Posted by intancrevia
on Juni 17, 2014 in Teknologi dan Informasi
A. PENGERTIAN TIPE DATA
Tipe
data adalah jenis data yang mempunyai batasan tempat dan karakteristik sesuai
dengan interprestasi data dan dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi
kebutuhan dalam pemrograman komputer. Tipe data pada umumnya termasuk tipe data
primitif, yaitu interger, floating point number dan character (string).
Kumpulan dari tipe data primitif yang sejenis juga dapat disatukan dalam sebuah
blok yang disebut array.
Setiap
variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan
dengan pasti tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau
konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori
komputer). Salah satu tugas penting seorang programmer adalah memilih tipe data
yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi.
B. JENIS-JENIS TIPE DATA
Didalam
bahasa pemograman sebenarnya terdapat banyak jenis-jenis tipe data, namun tipe
data yang tersedia tergantung dari jenis bahasa pemrograman yang dipakai.
Secara umum tipe data di seluruh bahasa pemrograman terbagi menjadi:
1) Numeric/Number
Adalah
Tipe data yang digunakan pada variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai
dalam bentuk bilangan atau angka baik angka atau bilangan tersebut merupakan
bilangan bulat ataupun bilangan real.
Tipe data Numeric/Number terbagi
menjadi 2 bagian antara lain :
- Tipe Bilangan Bulat
Adalah
tipe bilangan yang hanya dapat menampung data bernilai positif, negatif dan nol
( 0 ). Didalam tipe bilangan bulat sendiri sebenarnya masih dapat terbagi lagi
menjadi beberapa golongan berdasarkan rentang datanya. Misalnya, jika yang
digunakan adalaha bahasa pemrograman java maka tipe bilangan bulat dibagi
menjadi sebagai berikut :
Tipe Data
|
Ukuran (bit)
|
Range
|
Byte
|
8
|
-128 s.d. 127
|
Short
|
16
|
-32768 s.d. 32767
|
Int
|
32
|
-2147483648 s.d. 2147483647
|
Long
|
64
|
-9223372036854775808 s.d.
9223372036854775807
|
- Tipe Bilangan Pecahan
Adalah
tipe bilangan yang hanya dapat menampung data bernilai positif, negatif, nol,
yang bernilai pecahan. Didalam tipe bilangan pecahan sendiri sebenarnya masih
dapat terbagi lagi menjadi beberapa golongan berdasarkan rentang datanya.
Misalnya, jika yang digunakan adalaha bahasa pemrograman java maka tipe
bilangan bulat dibagi menjadi sebagai berikut :
Tipe
|
Ukuran
|
Range
|
Presisi (jumlah digit)
|
|
bytes
|
bit
|
|||
float
|
4
|
32
|
+/- 3.4 x 1038
|
6-7
|
double
|
8
|
64
|
+/- 1.8 x 10308
|
15
|
1) String/Karakter
Adalah Tipe data yang digunakan pada
variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai dalam bentuk karakter (angka,
huruf, karakter khusus atau simbol).
2) Boolean
Adalah
tipe data yang digunakan untuk menampung nilai logika, yaitu nilai yang hanya
memiliki dua buah kemungkinan (benar atau salah).
3) Tipe
– Data Lain
Sebenarnya
selain dari ketiga tipe diatas,dalam bahasa pemrograman masih ada tipe data
lain yang tidak mungkin dapat disebutkan dan jelaskan satu persatu. Contoh dari
tipe data selain Numerik,String dan Boolean adalah sebagai berikut :
- Array
Yaitu tipe data sejenis yang dapat
menampung data secara bertumpuk,jadi satu tipe data tetapi datanya bisa lebih
dari satu.
- Date
Yaitu tipe data yang hanya dapat
menampung data dalam format tanggal saja
- Time
Yaitu tipe data yang hanya dapat
menampung data dalam format waktu saja
- Char
Sebenarnya
tipe data char hampir sama dengan tipe data String,akan tetapi kalau tipe data
string panjangnya tidak tetap sedangkan tipe data char panjangnya selalu tetap
sesuai dengan inisialisasi awal pemesanan tipe data.
- Dll.
C. OPERASI TIPE DATA
Selain
tipe data berfungsi sebagai tempat untuk menampung data, tipe data juga dapat
melakukan perhitungan aritmatika (tipe data numerik), operasi penggabungan
(tipe data sting),dll.
1. Operasi tipe data numerik
- Operasi aritmatika
Di
dalam operasi ini nilai dari suatu tipe data bisa digunakan untuk melakukan
perhitungan aritmatik (penambahan(+), pengurangan (-), perkalian (x), pembagian
(/),dll).
Contoh :
Private int kuis,uts,uas,na;
Na=(kuis+uts+uas)/3
- Operasi operator relational
Operasi operator relational
sebenarnya harus dikombinasikan dengan operasi aritmatika dan operasi fungsi
logika. Berikut simbol dari operator relational:
–
Sama dengan (=)
–
Tidak sama dengan (!=)
–
Lebih kecil dari (<)
–
Lebih besar dari (>)
–
Lebih kecil dari atau sama dengan (<=)
–
Lebih besar dari atau sama dengan (>=)
Contoh :
Private string keterangan;
Private int nilai_akhir=61;
If (nilai_akhir>=61){
Keterangan=”lulus”;
}
2.
Operasi tipe data String
Di dalam operasi ini nilai dari
suatu tipe data bisa digunakan untuk melakukan pemenggalan, perhitungan panjang
string penggabungan dll.
- Operasi Pemenggalan
Operasi yang digunakan untuk
mengambil suatu karakter dalam nilai data string.
Contoh :
Substring(“sulis wijayanti”,9,4);
Maka hasil diatas adalah “jaya”
- Operasi Perhitungan Panjang String
Operasi yang digunakan untuk
mengetahui panjang karakter dalam nilai data string.
Contoh :
Length(“sulistiana”);
Maka hasil diatas adalah 10
- Operasi Penggabungan
Operasi yang digunakan untuk
menggabungan nilai data string.
Contoh :
Concat(“sulis”,”soni”);
Maka hasil diatas adalah sulissoni
- Operasi Pencarian Posisi
Operasi yang digunakan untuk
mengetahui posisi karakter dalam nilai string
Contoh :
Index(“intan sari
wijayanti”,”sari”);
Maka hasil diatas adalah 7
- Dan masih banyak lagi, misalnya UPPER untuk menjadikan huruf kapital,LOWER untuk menjadikan huruf kecil,L TRIM dan R TRIM untuk menghilangkan spasi pada nilai string dll.
3. Operasi tipe data boolean
Pada
tipe data boolean hanya dapat melakukan operasi logika dan fungsi logika
tersebut dapat dikombinasikan dengan fungsi logical(and,or,not,dll) serta dapat
dikombinasikan dengan operator relational.
Contoh :
Private int na=61;
Private string predikat;
If ( (na>=61) and (na<=70){
Predikat=”C”;
}else If ( (na>=71) and
(na<=80){
Predikat=”B”;
}
Pengenalan Java
Java adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP-Object Oriented Programming). Paradigma OOP menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek.
Pemrograman Berorientasi Obyek (OOP)
Pemisalan Objek dalam OOP
Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status dan Perilaku. Contohnya, sepeda punya status(jumlah gir, jumlah pedal, dua buah ban) dan perilaku(mengerem, mempercepat,
Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status dan Perilaku. Contohnya, sepeda punya status(jumlah gir, jumlah pedal, dua buah ban) dan perilaku(mengerem, mempercepat,
ubah gir).
Bahasa yang berorientasi pada objek pun
mempunyai karakteristik yang sama dengan objek-objek di dunia nyata. Yaitu
status yang dalam bahasa pemrograman biasanya disimpan sebagai Variabel dan
perilaku yang diimplementasikan sebagai Method.
Sejarah Java
Dimulai pada tahun 1991 dibentuknya suatu tim yang diberi nama
green
Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling (Sekelompok insinyur Sun ).
Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda.
Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal.
Sebelumnya Niclaus Wirth telah membuat sebuah bahasa yang portable yang akan digunakan dalam mesin bayangan selanjutnya ini disebut sebagai Virtual Mesin namun saat itu belum diumumkan.
Akhirnya tim green mengunakan ide ini akhirnya mereka menciptakan Java Virtual Mesin.
Vitual mesin inilah yang menbuat java dapat dijalankan diberbagai platform.
Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven )
Namun produk ini gagal dipasaran.
Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling (Sekelompok insinyur Sun ).
Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda.
Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal.
Sebelumnya Niclaus Wirth telah membuat sebuah bahasa yang portable yang akan digunakan dalam mesin bayangan selanjutnya ini disebut sebagai Virtual Mesin namun saat itu belum diumumkan.
Akhirnya tim green mengunakan ide ini akhirnya mereka menciptakan Java Virtual Mesin.
Vitual mesin inilah yang menbuat java dapat dijalankan diberbagai platform.
Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven )
Namun produk ini gagal dipasaran.
Setelah itu dibuat produk yang baru. Inilah java, pada awalnya bahasa pemrograman yang dibuat tersebut diberi nama “oak “ (Kemungkinan nama ini diambil dari nama pohon yang ada didepan jendela James Gosling)
Namun setelah diperiksa ternyata nama oak sudah pernah digunakan. Maka lahirlah nama “ Java “
Pada tahun 1993 sampai pertengahan 1994 tim green yang mempunyai nama baru First person. Inc hanya menghabiskan waktu dengan memperhatikan penjualan dari produknya. Ternyata tidak satupun orang ditemukan. Akhirnya pada tahun 1994 First Person dibubarkan.
Pada tahun itu Web berkembang sangat pesat saat itu browser yang banyak digunakan adalah Mosaic suatu broser yang gratis.
Dalam suatu wawancara pada pertengahan tahun 94 James Gosling mengatakan “We could build a real cool browser. It was one of the few things in the client/serve mainstream that needed some of the weird things we’d done: architecture neutral, real-time,reliable, secure—issues that weren’t terribly important in the workstation world. So we built a browser.”
Akhirnya dibuatlah suatu browser oleh Patrick Naughton dan Jonathan Payne.
Browser itu diberi nama Hot Java. Browser ini dibuat dengan menggunakan bahasa java untuk menunjukkan kemampuan dari java.
Yang tidak kalah hebatnya mereka juga membuat teknologi yang disebut Aplet sehingga browser dapat menjalankan kode program didalam browser.
Inilah bukti dari teknologi itu yang ditunjukkan java pada tanggal 25 mei 1995
Sejak saat itu browser java memberikan lisensinya kepada browser lain untuk bisa menjalankan Applet dan pada tahun 1996 diberikan pada Internet Explorer.
Akhirnya pada tahun 1996 dikeluarkan versi pertama dari java dengan mengeluarkan java 1.02
Pada tahun 1998 dikeluarkan java 1.2 dan java mulai mengeluarkan slogannya “Write once, Run anywhre “
Edisi Java
Java adalah bahasa yang dapat dijalankan dimanapun dan di sembarang
platform apapun, di beragam lingkngan : internet, intranets,consumer electronic
products, dan computer applications.The java 2 platform tersedia dalam 3 edisi
untuk keperluan berbeda. Untuk beragam aplikasi yang dibuat dengan bahasa Java,
java dipaketkan dalam edis – edisi berikut :
1.Java 2 Standard Edition ( J2SE )
2.Java 2 Enterprise dition ( J2EE )
3.Java 2 Micro Edition ( J2ME )
Masing – masing edisi berisi Java 2 Software Development Kit ( J2SDK ) untuk mengembangkan aplikasi dan Java 2 Runtime Environent ( J2RE ) untuk menjalankan aplikasi.
Kelebihan Java di bandingkan dengan C++
Pembuat program java telah merancang java untuk menghilangkan pengalokasian dan dealokasi memori secara manual, karena java memiliki Garbage Collection
Diperkenalkannya deklarasi array yang sebenarnya dan menghilangkan aritmatika pointer. Hal ini yang sering menyebabkan memori overwrite.
Dihilangkannya multiple inheritance, mereka menggantinya dengan interface.
1.Java 2 Standard Edition ( J2SE )
2.Java 2 Enterprise dition ( J2EE )
3.Java 2 Micro Edition ( J2ME )
Masing – masing edisi berisi Java 2 Software Development Kit ( J2SDK ) untuk mengembangkan aplikasi dan Java 2 Runtime Environent ( J2RE ) untuk menjalankan aplikasi.
Kelebihan Java di bandingkan dengan C++
Pembuat program java telah merancang java untuk menghilangkan pengalokasian dan dealokasi memori secara manual, karena java memiliki Garbage Collection
Diperkenalkannya deklarasi array yang sebenarnya dan menghilangkan aritmatika pointer. Hal ini yang sering menyebabkan memori overwrite.
Dihilangkannya multiple inheritance, mereka menggantinya dengan interface.
OPERATOR
Operator adalah symbol dan
karakter khusus yang kita gunakan dalam bahasa pemrograman untuk mengubah nilai
suatu operand. Sebagai contoh, symbol + adalah operator penambahan dalam Java. Kita
menggunakan operator ini untuk melakukan penjumlahan dari dua operand. Di bawah
ini beberapa contoh tpe operator dalam JAVA.
Operator Aritmatika
Operator
aritmatika digunakan untuk melakukan operasi matematika, seperti penambahan,
pengurangan, pembagian, dan modulo (atau sisa pembagian).
Contoh penggunaan :
Operator Increment dan Decrement
Operator ini berfungsi untuk
menghitung counter baik itu menambah dan mengurangi nilai dari variabel
bersangkutan dengan nilai 1 dan biasanya digunakan dalam looping/perulangan.
Untuk increment simbolnya : (++), sedangkan decrement simbolnya : (–).Untuk
penempatanya dapat diletakan sebelum ataupun sesudah operand/variabel. Namun fungsi
penempatan akan mempengaruhi dari proses masing-masing. Jika increment dan
decrement diletakan sebelum variabel, maka nilai increment dan decrement akan
diproses terlebih dahulu – baru berlanjut ke proses lainnya. Sedangkan jika
increment dan decrement diletakan sesudah variabel, maka nilai dari increment
dan decrement tidak akan diproses dahulu melainkan nilai varibel lama yang
diproses terlebih dulu, kemudian pada proses berikutnya nilai increment maupun
decrement akan terproses. Berikut contoh dari fungsi menempatkan increment dan
decrement: ++A/A++ dan –A/A–
Operator Relasi
Dari kata relasi kita bisa
menyimpulkan sebuah arti “hubungan”, sehingga operator relasi dalam pemrograman
java adalah sebuah fungsi yang membandingkan dua nilai variabel/operand untuk
menentukan keterkaitan hubungan keduanya. Hasil kedua nilai variabel adalah
true atau false ( boolean ). Simbol dari relasi diantaranya: ( >, <,
>=, <=, ==, != )
Operator Logika
Operator ini berfungsi untuk
menentukan nilai kebenaran dari masing-masing nilai variabel/operand
pembentuknya.Sifat dari nilai adalah true dan false ( boolean ). Simbol dari
operator logika diantaranya:
( &&. &, ||, |,
^, ! )
• &&(logical)
dan&(boolean logical) AND
• ||
(logical) dan | (boolean logical) inclusive OR
• ^
(boolean logical exclusive OR)
• ! (
logical NOT)
Perbedaan
dari operator && (logika AND) dan & (boolean AND) ?
- Operator && (logika AND) : singkatnya && akan mengeksekusi variabel hanya sebagian dan nilai yang dicari adlah true. Jika nilai awal adalah false maka hasil akan false dan akan mengabaikan variabel berikutnya.
- Operator & (boolean AND) : kebalikan dari && yaitu akan mengeksekusi semua variabel hingga mendapatkan nilai kembalianya. Nilai yang diminta adalah true, walaupun nilai awal false/true operator akan tetap mengeksekusi variabel berikutnya.
Kesimpulannya
nilai pada kedua operator adalah nilai yang mengandung true pada
tiap-tiap variabelnya.
&& (Logika AND) dan && (Boolean Logika
AND)
Tabel
Kebenaran :
Operator kondisi AND
menghasilkan "true" apabila kedua operandnya bernilai
"true". Jika salah satunya atau keduanya "false", operator
ini menghasilkan "false". Perbedaan dasar antara operator &&
dan & adalah bahwa && mensupport short-circuit evaluations (atau
evaluasi perbagian) ,sementara operator & tidak.
| |
(Logika OR) dan | (Boolean Logika Inclusive OR)
Tabel
Kebenaran :
Perbedaan
dasar antara operator | | dan | adalah bahwa | | mensupport short-circuit
evaluations (atau evaluasi perbagian) ,sementara operator | tidak.
^
(boolean exclusive OR)
Tabel
Kebenaran :
Hasil operasi operator
exclusive OR adalah True, jika dan hanya jika satu operand bernilai True dan
yang lain bernilai False. Catatan jika kedua operand harus selalu dievakuasi
untuk menjumlahkan hasil dari suatu exclusive OR.
!
(logika NOT)
Tabel
Kebenaran :
Operator NOT ("!")
melakukan operasi boolean NOT pada operand atau ekspresi tunggal. Operator ini
mengecek nilai boolean dari suatu operand atau expresi kemudian membalik
nilainya (dari true ke false atau false ke true). Berikut ini adalah tabel
kebenaran operator NOT.
OperatorKondisi
Operator ini berfungsi sebagai
pembanding tiga atau lebih variabel untuk menemukan nilai yang ingin dicapai.
Operator ini bersifat ternary (mengoperasikan lebih dari dua operand). Contoh
penulisan dengan simbol operator kondisi diantaranya:
Pada dasarnya operator
"?:" akan mengevaluasi "kondisi". Apabila kondisi bernilai
"true", operator akan mengembalikan "jika_benar", tetapi
apabila "kondisi" bernilai "false", operator akan mengembalikan
"jika_salah". Misalnya:
x =(1>2)?10:20
Dari contoh di
atas, "x" akan memiliki nilai 20, karena ekspresi (1 > 2) adalah
salah (atau "false").
Berikut adalah hasil
keluarannya :
Contoh
kode program sederhana
Contoh program Halo dunia yang ditulis menggunakan bahasa
pemrograman Java adalah sebagai berikut:
//
Outputs "Hello, world!" and then exits
public
class HelloWorld {
public static void main(String args[]) {
System.out.println("Hello,
world!");
}
```````````````
0 komentar:
Posting Komentar